Asal Mula Reyog Ponorogo


Reyog Versi Bantarangin


Sejak kapan lahirnya seni Reyog Ponorogo memang ada beberapa versi yaitu Versi Bantarangin dan Versi Ki Ageng Kutu. Kali ini adalah asal mula reyog Versi Bantarangin yang dijadikan even even pagelaran Reyog pada saat ini.

Diceritakan di wilayah Ponorogo bernama Wengker, berdiri sebuah kerajaan bernama Bantarangin (konon terletak di wilayah Sumoroto). Kerajaan tersebut diperintah oleh seorang raja bernama Prabu Klono Sewandono. Raja Bantarangin tersebut mempunyai patih yang cerdik dan sakti bernama Pujangga Anom (Bujang Ganong).
Suatu hari Prabu Klono Sewandono bermimpi berjumpa dengan seorang putri yang cantik jelita dari kerajaan Kediri bernama Dewi Kilisuci (Dewi Songgolangit). Seketika sang Prabu jatuh cinta dan mengutus patih Pujangga Anom untuk melamarnya.
Putri kerajaan Kediri tersebut bersedia menerima lamaran Prabu Klono Sewandono asalkan sang Prabu mampu memenuhi persyaratan yang putri inginkan. Diantaranya 144 kuda kembar, instrument music yang belum pernah ada dan hewan berkepala dua. Dari keinginannya dapat disimpulkan sang putrid ingin tontonan yang belum pernah ada di dunia ini.
Patih pujangga Anom yang cerdik akhirnya menemukan ide tontonan yang putrid inginkan yakni dengan memanfaatkan Prabu Singo Barong yang dikalahkan oleh Prabu Klono Sewandono. Prabu Singo Barong merupakan penguasa hutan Lodaya yang berwujud kepala harimau dan di atasnya bertengger burung merak. Dengan ditambahi bunyi-bunyian yang belum pernah ada, ciptaan dari Sang Prabu dikawal 144 pasukan kuda kembar maka jadilah iring iringan rombongan Prabu Klono Sewandono itu menjadi tontonon yang dikehendaki oleh Dewi Songgolangit.



Sumber : little tourism ambassador the home land of reyog




3 Response to "Asal Mula Reyog Ponorogo"

  1. Nastiti Fikri Brilliani says:
    14 September 2013 pukul 18.36

    lek seng versi ki ageng kutu? :/

  2. Unknown says:
    12 Februari 2015 pukul 18.09

    Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    Salam.

  3. Kitchen set 123 says:
    29 September 2018 pukul 12.11

    artikel nya sangat menarik dan juga bermanfaat gan
    owh iya baca juga blog kami ya

    Disini
    Disini
    Disini
    Disini
    Disini
    Disini
    Disini
    Disini

Posting Komentar

Yel Yel Pramuka

Sumber: http://davotmarbun.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz2QssojSR4